Penyakit Nyctophobia dan Pengobatan SehatQ.com

Mungkin ada yang pernah mengalami rasa takut ketika sedang mati lampu malam hari di dalam rumah sendiri. Bisa jadi mengalami gangguan psikologis atau penyakit bernama nyctophobia. Sebenarnya apa pengertian dan bisa diobati atau tidak, maka akan dibahas lebih lanjut.

Apa Sebenarnya Nyctophobia itu?

Kenapa ketika sedang dirumah sendiri malam hari lalu mati lampu merasa sangat takut? Tentu saja hal tersebut terkesan aneh dan tidak masuk akal. Penyakit tersebut memang benar adanya dengan nama nyctophobia atau fobia pada kegelapan secara berlebihan.

Nyctophobia
Seseorang dalam kondisi nyctophobia akan merasakan ketakutan berlebih saat berada di dalam tempat yang gelap. Dalam benaknya hal tersebut merupakan kejadian yang bisa mengancam keselamatannya. Tentunya hal tersebut benar-benar merepotkan terlebih lagi saat malam hari.

1. Penyebab Nyctophobia

Penyebab nyctophobia pada dasarnya sama yaitu pernah mengalami suatu kejadian yang buruk secara terus menerus. Hal tersebut berarti mungkin dulu di tempat tinggalnya atau selama masih kecil terjadi sesuatu di tempat gelap. Kemudian pikirannya akan mengambil kesimpulan.

Intinya menganggap hal buruk tersebut terjadi karena kondisi gelap itu sendiri. Bahkan ketika rasa takut tersebut muncul pikirannya tidak akan bisa mengontrol lagi. Akhirnya menjadi panik sendiri atau bahkan hilang kesadaran saking menolak hal tersebut terjadi pada dirinya.

2. Kondisi Penderita Nyctophobia

Kondisi takut gelap ini sebenarnya umum terjadi pada anak-anak rentan usia 2-8 tahun. Namun bahkan ada yang terus berlanjut sampai dewasa atau tua. Penderita penyakit ini biasanya akan merasakan kesulitan bernafas saat dalam tempat seperti bioskop dan lain sebagainya.

Selain sesak juga timbul keringat dingin di sekujur tubuh, detak jantung meningkat dengan cepat. Kemudian dadanya akan terasa nyeri sekali sampai gemetaran, kesemutan, sakit perut. Akhirnya mengalami pusing di kepala sampai berujung pingsan jika tidak segera ada cahaya.

3.  Ciri-ciri Penderita Nyctophobia

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui apakah seseorang menderita penyakit nyctophobia ini. Hal tersebut akan nampak dalam tindakan sehari-hari. Biasanya ketika ada ditempat gelap mereka mulai menunjukkan gejala diatas, selain itu juga cenderung takut pergi saat malam hari.

Kemudian bisa diamati kebiasaan tidurnya selalu dengan lampu menyala. Penderita akan cenderung membuat alasan ketika akan mengunjungi tempat gelap sehingga cenderung menghindari. Biasanya sering marah tidak jelas saat ada di ruang atau lokasi minim cahaya pada orang lain.

Beberapa Metode Penyembuhan SehatQ.com

Penderita penyakit nyctophobia sendiri tentu akan kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Kondisi tersebut membuatnya merasa sangat tertekan serta tidak nyaman, bahkan sampai ada yang mengalami insomnia. Lantas sehatQ.com memiliki beberapa metode agar bisa sembuh.

1. Lakukan Psikoterapi

Metode pertama adalah melalui psikoterapi karena nyctophobia merupakan salah satu penyakit gangguan mental. Kurang lebih terapi ini akan membuat pikirannya supaya tetap tenang dalam gelap. Kemudian dengan respon positif tersebut hal buruk ini dapat hilang dari dirinya.

Teknik ini akan dilakukan oleh psikiater dengan memberi sugesti positif akan tempat gelap. Latihan akan diterapkan supaya pikiran menjadi lebih santai dan tenang. Intinya menanamkan pemahaman bahwa saat berada dalam kondisi tersebut tidak selalu membawa bahaya untuk dirinya.

2. Menjalani Terapi Relaksasi

Selanjutnya ada jenis metode relaksasi, seperti yoga dan teknik pengaturan pernapasan. Salah satu manfaatnya akan membuat penderita mampu mengatasi stress serta gejala fisik saat ada ditempat gelap. Akhirnya lagi-lagi menimbulkan sikap tenang dan positif saat mengalami kondisi nyctophobia.

Jika akhirnya melalui dua metode terapi diatas tidak membawa perubahan bisa mendatangi dokter. Biasanya akan dibuatkan resep obat penenang supaya tidak merasa panik. Artinya kondisi nyctophobia yang dialami sudah cukup parah.

Nyctophobia sendiri akan sangat merugikan terutama ketika sudah dewasa. Selain bisa mengganggu pekerjaan juga kehidupan normal sehari-hari, maka penyakit tersebut harus segera diatasi. Menurut sehatq.com meskipun sudah pada tahap parah tetap bisa dihilangkan asalkan niat untuk sembuh.

Posting Komentar

0 Komentar